Menyusuri Keindahan dan Keunikan Wisata Goa Pindul di Gunung Kidul



Menyusuri Keindahan dan Keunikan Wisata Goa Pindul di Gunung Kidul - Gua Pindul merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di Yogyakarta yang harus kamu kunjungi. Objek wisata ini terletak di desa Bejiharjo, di distrik Karangmojo, di Gunung Kidul Yogyakarta. Goa Pindul adalah salah satu gua di mana ada sungai bawah tanah yang mengalir dari mulut gua dan ekor.

Goa Pindul dibuka secara resmi dibuka ke publik pada 10 Oktober, 2010. Gua ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis, jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang berduyun-duyun setiap hari untuk menikmati keindahan wisata Goa Pindul.

Pindul dikenal karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing.
Ban (tabung) yang telah dimodifikasi atau dikaitkan dengan tali melintasi di tengah-tengah sebagai duduk di atas air.

Keunikan Gua Pindul dibandingkan dengan tempat lain, di mana pengunjung jarang melihat keeksotisan gua, tetapi kagum dengan gemerlap air sungai yang mengisi gua. Air di dalam gua adalah sungai bawah tanah yang mengalir dari mata air gedong tujuh. Meskipun pada musim kemarau, air di dalam gua ini tidak akan kekeringan, hanya selama musim hujan di daerah pariwisata yang kadang-kadang ditutup karena intensitas air yang sangat tinggi.

Ada 3 area di gua Pindul Gunungkidul yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap. Di area bercahaya masih ada cahaya terang dari luar gua, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan gua. Di sini pengunjung diperbolehkan berenang dan menemukan ikan-ikan cantik di dalam gua. Spesies ikan di Gua Pindul sangat besar, tetapi tidak perlu khawatir ikan diklasifikasikan sebagai ikan jinak. Selain itu, zona kedua disebut zona merah. 

Di kawasan itu ada beberapa lampu remang-remang dengan bantuan refleksi air yang jernih dari dinding gua, untuk menciptakan cahaya gelap yang eksotis. Sementara di wilayah ketiga adalah area gelap, pengunjung di sini merasa sulit untuk melihat sesuatu, tetapi dengan bantuan peralatan pencahayaan, mereka masih bisa melihat di sekitar gua. Untuk mencapai area 3, Anda sampai di ujung gua yang memakan waktu sekitar 45 menit.


Di tengah-tengah gua terdapat ruang interior yang cukup, dpemandangan gua dipadukan lubang diatas gua sehingga, di bagian gua itu menjadi pusat perhatian.Kamu dapat melihat matahari langsung di dalam gua, sehingga menciptakan pantulan cahaya yang luar biasa.

Lokasi Goa Pindul

Lokasi Goa Pindul berada di Yogyakarta atau lengkapnya berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Berikut beberapa rute perjalanan untuk menuju lokasi wisata Goa Pindul.



0 Response to "Menyusuri Keindahan dan Keunikan Wisata Goa Pindul di Gunung Kidul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel