8 Tempat Wisata Air Favorit di Gunung Kidul Terbaik




8 Tempat Wisata  Air Favorit di Gunung Kidul TerbaikBicara Gunung Kidul pasti identik dengan  wisata pantainya yang memang sangat indah untuk di kunjungi.Kamu akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih bersih, airnya yang bening  serta suasana alami yang masih terjaga.

Terletak di paling timur kota Jogja,Gunung kidul memiliki struktur tanah yang berbukit dan pegunungan kapur, kabupaten ini mempunyai ciri khas yang unik, baik dari sejarah, budaya, pariwisata dan kuliner.

Tapi, selain objek wisata pantai Gunung Kidul memiliki beberapa objek wisata lain seperti wisata air terjun,wisata goa serta banyak lagi yang tidak kalah menarik untuk di kunjungi

Dab berikut 8 Tempat Wisata  Favorit di Gunung Kidul Terbaru

  1. Air Terjun Sri Gethuk

Tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya yang indah di Gunung kidul terdapat tempat wisata unik lainnya yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul DIY. Sekilas air terjun Sri Gethuk ini mempunyai kemiripan dengan objek wisata yang ada di Amerika, yaitu Grand Canyon Arizona. Suasana yang masih alami serta Aliran airnya yang jernih membuat tempat ini semakin menarik untuk di kunjungi.


   2.  Goa Pindul

Gua Pindul merupakan objek wisata sungai bawah tanah yang ada di Gunung Kidul.Terletak di dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo,Gunung Kidul.
Gua Pindul ini menyajikan pengalaman berpetualangan menyusuri sungai bawah tanah ,dengan panjang sekitar 300 meter Gua Pindul ini memiliki aliran air yang tenang sehingga aman untuk di dijelajahi.

3.  Pantai Baron


Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata di Gunung kidul yang paling populer. Letak Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, sekitar 40 km dari kota Jogjakarta. Pantai baron merupakan tempat dimana nelayan mencari ikan sehingga tidak heran di tempat ini kita akan menemukan perahu yang bersandar di bibir pantai. Pantai ini terkenal dengan kuliner laut yang beraneka ragam yang terjamin kesegarannya karena di tangkap langsung oleh nelayan. Di pantai ini terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

4. Pantai Indrayanti


Pantai ini terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus. Pantai Indrayanti begitu populer di telinga wisatawan bahkan karena keindahannya sering di sandingkan dengan pantai yang ada di pulau Bali. Tidak heran memang karena pantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang telah di kelola dengan baik membuat tempatini semakinnyaman untuk di kunjungi .
Saat malam hari pantai ini semakin indah dengan kerlap-kerlip sinar dari  gazebo yang berjajar di pinggiran pantai memuat kesan yang romantis.

5. Pantai Timang


Obyek wisata ini tergolong baru,pantai ini memiliki keunikan yang membuat tidak dimiliki pantai Gunung Kidul lainnya. Kalau biasanya memiliki pantai putih yang membentang tidak halnya dengan pantai ini. Memiliki Bongkahan batu besar yang ada di tengah pantai berjarak sekitar 100 meter membuatbatu ini seperti pulau kecil .

Sebenarnya tempat ini merupakan tempat para nelayan mencari udang dan karena keunikannya banyak wisatawan yang ingin mengunjunginya.Yang unik yaitu ketika ingin menyebrangi ke bongkahan batu tersebut kita akan melewati dua jalur yang cukup ekstrim yang pertama lewat jempatan teadisional serta lewat kereta gantung yang di bawahnya langsung berhadapan dengan laut lepas.

6. Pantai Lambor atau Nglambor


Bagi kamu yang suka snorkeling pantai ini sangat cocok.Letaknya yang berada diantara Pantai Jogan dan Pantai Siung.Pantai Nglambor ini memiliki banyak cekungan-cekungan di bibir pantainya sehingga di tempat kita dapat melihat  jenis ikan dan terumbu karang. Bahkan di siang hari saat air sedang surut, banyak ikan yang terperangkap di cekungan ini.menarik bukan


7. Embung Nglanggeran


Nglanggeran adalah sebuah bukit yang kemudian di bangun embung sebuah telaga buatan yang digunakan untuk mengairi kebun buah di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran, sehingga terlihat nampak keindahan alam Gunungkidul maupun Yogyakarta dari Embung Nglanggeran tersebut.Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 19 Februari 2013 embung ini langsung menjadi pusat perhatian wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk menikmati indahnya pemandangan, sore hari adalah waktu yang tepat. Berhubung terletak di ketinggian, wisatawan bisa menikmati senja di tepi Embung tanpa terhalang oleh pepohonan maupun perbukitan. Matahari yang turun secara perlahan akan memanjakan mata wisatawan.

8. Embung Bataran Sriten


Lokasinya terletak di Padukuhan Sriten Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.
Seperti Nglanggeran, Embung Batara Sriten merupakan salah satu tempat wisata baru yang paling populer di Gunungkidul.

 Selain untuk wisata Embung Batara Sriten dijadiakan sebagai tempat Agrowisata kebun buah
Pesona embung yang berada diatas awan dan pemandangan yang luar biasa indah dengan view 360 derajat, persawahan, perkampungan, perbukitan, dan beberapa wilayah yang ada membuat tempat ini semakin cantik

Jika kamu berkunjung di sarankan untuk datang pada pagi-pagi dan sore hari agar bisa menikmati keindahan sunrise ataupun sunset di Embung Batara Sriten ini dengan view yang menakjubkan.



Itu tadi beberapa tempat wisata favorit di Kabupaten Gunungkidul yang bisa dijadikan referensi jika sewaktu-waktu  berkunjung ke Jogja khususnya di kabupaten Gunung Kidul.

semoga bermanfaat ..


0 Response to "8 Tempat Wisata Air Favorit di Gunung Kidul Terbaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel