Pantai Timang, Dari Keindahan Laut Sampai Jembatan Maut

Pantai Timang, Dari Keindahan Laut Sampai Jembatan Maut - Pantai Timang Gunungkidul  merupakan salah satu pantai yang ada di wilayah Gunungkidul. Terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.Untuk menuju pantai Timang ini kita akan melewati jalan yang sangat sangat terjal dan berbatu.

Pantai ini dibagi menjadi dua areal yaitu pada bagian pertama berada di sebelah Timur yang merupakan pantai dengan pasir yang berwarna putih bersih. Sedangkan pada bagian kedua yang berada pada sisi bagian Barat berupa perbukitan batu-batuan yang cukup terjal serta berbatasan langsung dengan laut lepas.

Tidak di pungkiri keberadaan jembatan penyeberangan di Pantai Timang inilah yang menjadi daya tarik nya. Berada di tepi tebing yang curam pantai ini menawarkan sensasi yang cukup memacu adrenyalin,apalagi ketika hendak menyebrang ke pulau kecilnya.

Karena untuk mencapai Pulau Timang cukup ekstrim maka dibutuhkan mental yang kuat bila ingin mencoba menyeberang kesana . karena sepanjang jarak tersebut kamu akan meluncur sendirian menaiki gantole diatas lautan yang dalam dengan ombak yang besar
Kamu akan menaiki kerata gantung tradisional(gantole) yang dibuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang tali plastik yang sangat kuat dan selanjutnya ditarik oleh beberapa orang sehingga kereta gantung tersebut akan bergerak menuju Pulau Timang.

Jarak luncur dari kerta gantung ini sekitar 50-100 me kearah barat dari Pantai Timang. Selain itu tempat ini menyajikan pemandangan yang cantik karena kita dapat melihat hamparan laut lepas yang luas serta airnya yang bewarna biru.

Selain untuk objek wisata di buatnya jembatan penyebrangan ini yaitu untuk mencari hasil laut yang banyak terdapat di pulau timang  terutama Lombsternya.
Harga jual udang Lombster yang cukup tinggi inilah membuat mereka sampai rela bersusah payah dan berjuang untuk menuju kesana dengan medan berbahaya untuk mendapatkan hasil tangkapan tersebut.

Rute Menuju Pantai Timang Gunungkidul
Dari kota Yogyakarta
Yogyakarta > jl. Wonosari (Ringroad Ketandan) > perempatan. Sampaan > Piyungan > Bukit Bintang > Patuk > Pasar buah Sambipitu. > Sambipitu > Bunder > Gading (lapangan udara) belok ke kiri menuju kota Wonosari > Siono > Pemda Wonosari > Pasar Argosari > pertigaan sebelum polres belok ke kanan > Jl. Baron > karang rejek > Mulo (pertigaan ambil arah kiri menuju Pantai Siung dan wediombo ) > Bintaos > Tepus (ada pertigaan ke kanan Indrayanti ambil ke kiri yang menuju Pantai Siung dan wediombo) > Pasar Purwodadi > ada pertigaan sebelum pertigaan ke Siung ambil kanan (lihat plakat) > dusun Ndanggolo > Pantai Timang.

Nah itu tadi ulasan tentang Pantai Timang, Dari Keindahan Laut Sampai Jembatan Maut apakah kamu berani mencobanya ??

0 Response to "Pantai Timang, Dari Keindahan Laut Sampai Jembatan Maut"